Dewaperedamruangan.com – Gangguan suara sebagai salah satu permasalahan yang kerap berlaku dalam lingkungan industri, kerja maupun kehidupan sehari-hari, Gangguan suara bahkan dapat mengganggu ketenangan sampai memicu stres, lebih-lebih saat kebisingan berlangsung pada termpat kerja yang mana menuntut fokus yang tinggi bagi penggunanya, atau ruangan kamar yang ingin ketenangan dari Gangguan suara, Ruangan yang bising atau bergema pastinya mengakibatkan tak nyaman sebab mengacaukan sistem pendengaran.
Peredam suara dapat menjadi material pilihan untuk meredakan kebisingan di dalam ruangan atau lingkungan. Selain mereduksi kebisingan, peredam suara juga menjaga laju bunyi sampai-sampai tidak membuat ruangan terasa terlalu senyap. Peredam suara mampu menjaga bunyi di dalam ruangan sampai menyentuh tingkat kebisingan ideal yakni 55 dBA.
Selain dengan material peredam suara, penataan material ini di dalam ruangan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan dekorasi dan benda yang mempunyai kemampuan menyerap suara. Karpet yang melapisi seluruh lantai ruangan dan buku-buku yang memadati dinding dapat difungsikan sebagai peredam suara alami. Apapun jenis peredam suara yang dimanfaatkan baik alami maupun buatan, tingkat koefisien pengurangan estetika bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Material ini dapat diatur penempatannya secara fleksibel pada dinding, lantai, sampai langit-langit ruangan.
Seberapa banyak peredam suara yang harus digunakan di dalam ruangan guna menghindari kebisingan bergantung dengan kebutuhan ruang tersebut. Kualitas suara di dalam ruangan akan lebih sempurna ketika peredam suara dilengkapi dengan material insulasi suara.
Anda Tertarik memasang peredam suara di rumah, ruang kantor, atau area industri ?
Hubungi konsultan dan kontraktor Peredam suara ruangan
Di 0821 25 888 798 atau hubungi Dewaperedamruangan.com via whatsapp chat
Membedakan Antara Peredam dan Gema / pantulan.
Terkadang banyak orang salah mengartikan dari ke 2 subjek tersebut.
Jelas berbeda antara peredam dan gema.
Peredam suara adalah membungkus, menahan, membungkam, atau mengunci rapat-rapat agar suara tidak keluar atau masuk, sedangkan
Gema adalah gaung atau pantulan suara yang berkelintaran yang muncul dari pengaruh sound system atau alat perkusi, dll didalam ruangan tersebut. Kesan yang timbul dari gema akan terasa seperti bising, gaduh dan bergema. Gema ini sendiri meng”kali” lipatkan suara yang sama dalam delay waktu sepersekian detik. Jadi gema ini pun jangan dianggap sepele. Sebab suara akan berulang ulang memantul.
Cara mencegahnya adalah dengan membuat permukaan dinding-dinding tidak rata, empuk (tidak solid) bisa dengan partisi pendek atau dengan basstrep buatan pabrik yang terlihat cantik.
Berkaitan dengan hal diatas subjek yang berbeda antara gema suara dan peredam suara maka dipastikan teknik pemasangannya pun berbeda.
Info Penting :
- Mengaktifkan jendela. Ini sangat tidak disarankan karena banyak kasus kebocoran suara terletak dari jendela dan pintu.
- Busa telur, busa piramid atau sejenisnya itu adalah fungsinya lebih untuk mengelola “GEMA” / pantulan, tidak berfungsi sebagai peredam karena densitynya (pori-pori atau kepadatan) tidak cukup untuk meredam suara. Ini yang seringkali orang mensalah artikan busa telur tersebut sebagai bahan untuk kedap suara.
- Mengaktifkan 2 akses atau lebih pintu masuk. Ini juga tidak disarankan.
- Cek dinding dari keretakan sebelum dipasang peredam suara. Banyak orang yang menyepelekan hal ini.
- Ruangan yang terlampau kecil mengakibatkan banyak hal, antara lain : Suara akan lebih sulit diredam, sesak dengan banyaknya orang dan perabotan serta suara didalam ruangan akan semakin bising.
- Cek retakan atau celah-celah pintu dan jendela. Buat skonengan pintu dan jendela di ke 4 (empat) sisinya (termasuk bagian lantai). Tambahkan busa eva atau spon ati jika dibutuhkan untuk tanggulangi celah-celah yang masih terlihat atau terdapat kebocoran suara.
- Baiknya bapak/Ibu juga memikirkan instalasi pendukung ini secara berbarengan sebelum pekerjaan pemasangan peredam selesai seperti listrik lampu dan stop kontak, instalasi AC dan instalasi line audio, jangan sampai kerja 2x, Karena pemasangan instalasi listrik dll itu baiknya ada didalam peredam agar tidak terlihat. Akan menjadi rapih jika kabel-kabel tidak awut-awutan
Tahukah Anda ?
Kebisingan dapat menyebabkan hilangnya daya dengar yang tetap jika berlangsung terus menerus
Berikut adalah Nilai Ambang Batas Kebisingan
Nilai ambang Batas Kebisingan yang dianggap aman untuk sebagian besar tenaga kerja bila bekerja 8 jam/hari atau 40 jam/minggu adalah angka 85 dB. Nilai Ambang Batas untuk kebisingan di tempat kerja adalah intensitas tertinggi dan merupakan rata-rata yang masih dapat diterima tenaga kerja tanpa mengakibatkan hilangnya daya dengar yang tetap untuk waktu terus-menerus tidak lebih dari dari 8 jam sehari atau 40 jam seminggunya.
No. | TINGKAT KEBISINGAN (dBA) | PEMAPARAN HARIAN |
1. | 85 | 8 jam |
2. | 88 | 4 jam |
3. | 91 | 2 jam |
4. | 94 | 1 jam |
5. | 97 | 30 menit |
6. | 100 | 15 menit |
Beberapa akibat dari Kebisingan adalah sebagai berikut :
- Gangguan pada pendengaran (Ketulian)
Merupakan gangguan yang paling serius karena pengaruhnya bisa mengakibatkan berkurangnya fungsi pendengaran. Gangguan pendengaran ini bersifat progresif tetapi apabila tidak dikendalikan dapat membuat ketulian permanen.
- Gangguan psikologis
Gannguan psikologis bersifat rasa tidak nyaman, kurang konsentrasi, emosi dll.
- Gangguan fisiologis
Gangguan bisa berupa kenaikan tekanan darah, nadi dan dapat menyebabkan pucat dan gangguan sensoris
- Gangguan komunikasi
Gangguan komunikasi bisa mengakibatkan terganggunya pekerjaan, sehingga bisa berakibat kepada kecelakaan karena tidak bisa mendengar isyarat ataupun tanda bahaya.
Peran utama suatu komponen penyerap (absorber) adalah untuk mengganti energi suara atau energi akustik menjadi energi kalor. Pada unsur penyerap tradisional, energi suara yang datang pada permukaan elemen dan menembus ke dalam pori sedemikian hingga membuat osilasi pada partikel udara yang berada dalam pori. Osilasi partikel udara ini akan bersinggungan dengan dinding-dinding pori sehingga daya akustik yang dikandungnya akan berkurang dan berubah menjadi kalor.
Konstruksi komponen akustik dalam sebuah ruangan juga dapat menentukan kinerja akustik ruang tersebut sesuai dengan fungsinya. Sebagian catatan berikut bisa digunakan sebagai acuan perencanaan Rangkaian penempatan unsur akustik pada ruang dengan fungsi tertentu.
Ruang Studio : Banyak Penyerap / Absorber di ruang kontrol (bisa dicampuran kan dengan penyebar) dan campuran penyerap penyebar di ruang live.
Ruang Bioskop : mayoritas permukaan dilapisi komponen Penyerap / Absorber .
Kamar Tidur, Living Room, Ruang rawat inap: campuran 3 komponen sesuai kondisi bising dan kenyamanan individu.
Gelanggang Olah Raga : lantai keras, langit-langit gabungan penyerap-penyebar, dinding campuran pemantul-penyerap-penyebar (tergantung bentuk geometri nya)
Ruang Auditorium : Dinding depan pemantul atau penyebar, Dinding samping gabungan pemantul – penyerap atau penyebar – penyerap, Dinding Belakang penyerap atau penyebar, langit-langit penyebar atau penyerap (absorber), dengan elemen pemantul di area atas panggung, lantai bebas. Bila menggunakan sound system, harus diperhatikan type dan posisi pemasangan.
Ruang Kantor tapak terbuka : dinding bebas, langit-langit absorber / penyerap, lantai bebas.
Masjid : Dinding depan elemen pemantul atau penyebar, dinding samping campuran pemantulan dan absorber / penyerap, dinding belakang Penyerap / Absorber atau penyebar, langit-langit penyerap (absorber) bila menggunakan sound system atau campuran pemantul-penyebar bila tanpa sound system, lantai boleh karpet atau keras (keramik atau parket)
Ruang rapat : Dinding gabungan penyerap-penyebar, langit-langit dan lantai berlawanan karakteristik (bila lantai penyerap, langit-langit pemantul atau penyebar, dan sebaliknya)
Ruang Konser Akustik/Philharmonik : hindari pemakaian komponen penyerap (absorber), maksimalkan penggunaan pemantul dan penyebar pada seluruh bagian permukaan.
Ruang Kelas : komponen Pemantul atau Penyebar pada dinding depan, samping serta langit-langit depan. elemen Absorber ( penyerap ) atau penyebar pada dinding belakang serta langit-langit belakang. Lantai bisa keramik atau parquet atau karpet.
Diperlukan seorang ahli yang berasaskan teori perhitungan dan juga pengalaman lapangan untuk mewujudkan suatu ruangan yang ideal, seperti ruang rekaman, ruangan karaoke, home theatre, ruang pertemuan dan sejenisnya termasuk ruang tempat ibadah.
Penghitungan frekuensi dan besarnya, dapat dilakukan dengan bantuan sebuah RTA (Real Time Analyzer) untuk mengetahui dan menentukan gelombang pantulan atau ketembusan, sehingga bisa ditentukan jenis material penyerap suara yang digunakan.
Hal-hal yang Jarang Disadari pada Ruang Studio Musik
Ego player menjadikan saling menyambut setelan gain ampli mereka setinggi mungkin.
Acapkali terjadi dikarenakan para pengguna studio musik (penyewa rental studio) tidak sadar estetika bermusik secara band.
Disinilah diperlukan soundman yang mengerti akan hal ini. Dan sound system dapat dikontrol semua dari ruang operator, atau bahkan mengakali ampli-ampli dari perangkat elektronikanya.
Trik ini sangat ampuh dan banyak keuntungannya, diantaranya perangkat studio kita akan jauh lebih awet, mereka (penyewa) akan terbiasa pendengaran setelan sound mereka setara soundman yang terdidik.
Sebelum anda memutuskan memilih Dewaperedamruangan.com sebagai Mitra Anda, Dewaperedamruangan.com akan memberikan Konsultasi yang merupakan bagian dari pelayanan dan tawaran yang Dewaperedamruangan.com berikan tanpa biaya.
Dewaperedamruangan.com akan memberikan konsultasi dan survey gratis ( Khusus Jabodetabek ), studi kasus, gambar kerja, Pengukuran dengan alat yang terkalibrasi berkala, Dewaperedamruangan.com menggunakan metode Standar International serta sertifikat pengujian produk.
Dewaperedamruangan.com akan memberikan konsultasi dan survey gratis ( Khusus Jabodetabek ), studi kasus, gambar kerja, Pengukuran dengan alat yang terkalibrasi berkala, Dewaperedamruangan.com menggunakan metode Standar International serta sertifikat pengujian produk.
Cek Portofolio Dewaperedamruangan.com
Di http://www.dewaperedamruangan.com/
Silahkan Hubungi Dewaperedamruangan.com di
BERIKUT BEBERAPA KLIEN DAN PROJECT DEWAPEREDAMRUANGAN.COM SEBELUMNYA
KLIK DISINI –> OUR CLIENT <–
Percayakan kepada Dewaperedamruangan.com untuk menangani kebutuhan Anda terhadap ruang berperedam suara,pemasangan peredam akustik suara, ruangan kedap suara,jasa pemasangan kedap suara
Baik untuk
kedap suara ruang meeting rapat,kedap suara ruang meeting rapat , kedap suara gedung seni pertunjukan ataupun untuk kebutuhan akustik ruang atau ruang kedap / gema lainnya ?
Apapun kebutuhan Anda dalam aspek akustik ruang peredaman ataupun ruang gema baik untuk
Peredam suara studio musik,
Peredam suara studio musik , Ballroom , Home Theatre , Peredam suara studio musik dan lainnya sesuai dengan keinginan Bapak/Ibu.
Dewaperedamruangan.com berikan garansi harga terbaik, hasil memuaskan, pekerjaan rapi dan cepat
Untuk Spesialis Peredam Suara Ruangan di
Tangerang, Bekasi, Bandung, Jakarta, Depok, Bogor dan bahkan ke seluruh Indonesia
Price Start From
Rp 400ribuan / m2
*Harga akan disesuaikan dengan Permintaan Kualitas Material yang disepakati dan tingkat kesulitan Kondisi di Lapangan
Design dan konsultan untuk perencanaan, system & pembuatan project peredam suara
Berikut Beberapa Ruang Lingkup Pekerjaan dari Dewaperedamruangan.com :
Biaya Pembuatan Peredam Suara,
Cara memasang Peredam Suara Ruangan
Jasa Pemasangan / Instalasi Plafon Akustik,
Jasa Pembuatan dan Akustik Studio Band,
Jasa Pembuatan Ballroom Hotel,
Peredam Studio Musik,
Jasa Pemasangan / Instalasi Plafon Akustik,
membuat ruangan kedap suara,
Jasa Pembuatan dan Akustik Studio Band,
Jasa Pembuatan Ruang Mesin Genset,
Ahli desain akustik ruang gereja,
Bahan Peredam Suara,
Jacketing Pipa AC,
Greenwool,
ahli desain akustik aula,
Konsultan dan Kontraktor Spesialis Noise Control Bar dan Klub Malam,
Pembuatan Ruang Kedap Suara,
Jasa Pembuatan Gedung Pertunjukan,
Jasa Pembuatan Meeting Room / Ruang Rapat,
Ahli desain akustik aula,
Kedap Suara,
Biaya Pembuatan Ruang Kedap Suara,
Jasa Pembuatan Ruang Kedap Suara,
Kedap Suara,
Ahli desain akustik aula,
Buat Ruang Kedap Suara,
Jasa Pembuatan Ballroom Hotel,
Spesialis Treatment Akustik Ruang,
Membuat Kamar Kedap Suara,
peredam ruangan murah,
alat peredam suara dalam ruangan,
Jasa Pembuatan Gedung Pertunjukan,
Greenwool,
Jasa Interior Spesialis lainnya,
Bahan Peredam Suara Ruangan,
Spesialis Pembuatan Dan Akustik Treatment Kebisingan Industri,
Jasa Pemasangan / Instalasi Plafon Akustik,
ahli desain akustik bioskop,
Jasa Pembuatan Karaoke Room,
Bahan Peredam Suara Ruangan,
ahli desain akustik bioskop,
Konsultan dan Kontraktor Spesialis Noise Control Bar dan Klub Malam,
Jasa Pembuatan Hall,
Jasa Pembuatan Studio Recording / rekaman,
Jasa Pembuatan Ruang Kedap Suara,
Jasa Pembuatan Ballroom Hotel,
Jasa Pembuatan dan Akustik Tempat Ibadah,
Jasa Interior Spesialis lainnya,
Buat Ruang Kedap Suara,
Rockwool,
Ahli desain akustik gedung konferensi,
Jasa Pembuatan dan Akustik Panggung,
Peredam Suara,
Jasa Pembuatan Bioskop,
membuat ruangan kedap suara,
Biaya Pembuatan Ruang Karaoke Murah