+62 821 25 888 798 Ahli Desain Akustik Studio film di Kebon Kelapa Jakarta Pusat

pengerjaan kedap suara ruang recording

Dewaperedamruangan.com – Gangguan suara sebagai salah satu problem yang kerap berlaku dalam lingkungan industri, kerja maupun kehidupan sehari-hari, Pencemaran suara bahkan dapat merusak fokus sampai memicu stres, terutama pada waktu kebisingan terjadi pada termpat kerja yang mana menuntut konsentrasi tinggi bagi penggunanya, atau ruangan kamar yang ingin ketenangan dari Polusi suara, Ruangan yang bising atau bergema pastinya mengakibatkan tak nyaman karena mengganggu sistem pendengaran.

 

Peredam suara dapat sebagai material pilihan untuk mereduksi kebisingan lingkungan atau di dalam ruangan. Selain meredam kebisingan, peredam suara juga mengendalikan laju bunyi sampai-sampai tidak membuat ruangan terasa terlalu hening. Peredam suara mampu mengontrol bunyi di dalam ruangan sampai menyentuh tingkat kebisingan ideal yakni 55 dBA.

 

Selain dengan material peredam suara, penataan material ini di dalam ruangan juga dapat dilakukan dengan menggunakan dekorasi dan benda yang mempunyai kemampuan menyerap suara. Karpet yang melapisi seluruh lantai ruangan dan buku-buku yang memadati dinding bisa digunakan sebagai peredam suara alami. Apapun jenis peredam suara yang dimanfaatkan baik alami ataupun buatan, tingkat koefisien pengurangan estetika dapat  disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Material ini dapat diatur penempatannya secara fleksibel pada dinding, lantai, sampai langit-langit ruangan.

 

Seberapa banyak peredam suara yang harus digunakan  di dalam ruangan guna menghindari kebisingan bergantung dengan kebutuhan ruang tersebut. Kualitas suara di dalam ruangan akan lebih sempurna ketika peredam suara dilengkapi dengan material insulasi suara.

 

Anda Tertarik memasang peredam suara di rumah, ruang kantor, atau area industri ?

Hubungi konsultan dan kontraktor Peredam suara ruangan

Di 0821 25 888 798 atau hubungi Dewaperedamruangan.com via whatsapp chat

 

Membedakan Antara Peredam dan Gema / pantulan.

Terkadang banyak orang keliru mengartikan dari ke 2 subjek tersebut.

Jelas berbeda antara peredam dan gema.

Peredam suara adalah membungkus, menahan, membungkam, atau mengunci rapat-rapat agar suara tidak keluar atau masuk, sedangkan

Gema adalah gaung atau pantulan suara yang berbolak-balik yang muncul dari efek sound system atau alat perkusi, dll didalam ruangan tersebut. Kesan yang hadir dari gema akan terasa seperti bising, gaduh dan bergema. Gema ini sendiri meng”kali” lipatkan suara yang sama dalam delay waktu sepersekian detik. Jadi gema ini pun tidak bisa dianggap sepele. Karena suara akan berulang ulang memantul.

Upaya menanggulanginya adalah dengan membuat permukaan dinding-dinding tidak rata, empuk (tidak solid) bisa dengan partisi pendek atau dengan basstrep buatan pabrik yang terlihat cantik.

Berkaitan dengan hal diatas subjek yang berbeda antara gema suara dan peredam suara maka dipastikan teknik pemasangannya pun berbeda.

 

Catatan Penting :

  • Menggunakan jendela. Ini sangat tidak disarankan karena banyak kasus kebocoran suara terletak dari jendela dan pintu.
  • Busa telur, busa piramid atau sejenisnya itu adalah penggunaannya lebih untuk menanggulangi “GEMA” / pantulan, tidak berfungsi sebagai peredam karena densitynya (pori-pori atau kepadatan) tidak memadai untuk meredam suara. Ini yang seringkali orang mensalah artikan busa telur tersebut sebagai bahan untuk kedap suara.
  • Menggunakan 2 akses atau lebih pintu masuk. Ini juga tidak disarankan.
  • Perhatikan dinding dari keretakan sebelum dipasang peredam suara. Banyak orang yang menyepelekan hal ini.
  • Ruangan yang terlampau kecil menimbulkan banyak hal, antara lain : Suara akan lebih sulit diredam, sesak dengan banyaknya orang dan peralatan serta suara didalam ruangan akan semakin bising.
  • Cek retakan atau celah-celah pintu dan jendela. Bikin skonengan pintu dan jendela di ke 4 (empat) sisinya (termasuk bagian lantai). Tambahkan busa eva atau spon ati jika dibutuhkan untuk tanggulangi celah-celah yang masih terlihat atau terdapat kebocoran suara.
  • Baiknya anda juga memikirkan instalasi pendukung ini secara berbarengan sebelum pekerjaan pemasangan peredam selesai seperti listrik lampu dan stop kontak, instalasi AC dan instalasi line audio, jangan sampai kerja 2x, Karena pemasangan instalasi listrik dll itu baiknya ada didalam peredam agar tidak terlihat. Akan menjadi rapih jika kabel-kabel tidak semrawut

 

 

Tahukah Bapak/Ibu ?

Kebisingan dapat membuat hilangnya daya dengar yang tetap jika berlangsung terus menerus

 

Berikut adalah Nilai Ambang Batas Kebisingan

Nilai ambang Batas Kebisingan yang dianggap aman untuk sebagian besar tenaga kerja bila bekerja 8 jam/hari atau 40 jam/minggu adalah angka 85 dB. Nilai Ambang Batas untuk kebisingan di tempat kerja adalah intensitas tertinggi dan merupakan rata-rata yang masih dapat diterima tenaga kerja tanpa mengakibatkan hilangnya daya dengar yang tetap untuk waktu terus-menerus tidak lebih dari dari 8 jam sehari atau 40 jam seminggunya.

 

No.TINGKAT KEBISINGAN (dBA)PEMAPARAN HARIAN
1.858 jam
2.884 jam
3.912 jam
4.941 jam
5.9730 menit
6.10015 menit

 

Sebagian Pengaruh dari Kebisingan adalah sebagai berikut :

  1. Gangguan pada pendengaran (Ketulian)

Merupakan gangguan yang paling serius karena pengaruhnya bisa menyebabkan berkurangnya fungsi pendengaran. Gangguan pendengaran ini bersifat progresif tetapi apabila tidak dikendalikan bisa mengakibatkan ketulian permanen.

  1. Gangguan psikologis

Gannguan psikologis bersifat rasa tidak tenang, kurang konsentrasi, emosi dll.

  1. Gangguan fisiologis

Gangguan bisa bersifat naiknya tekanan darah, nadi dan dapat menyebabkan pucat dan gangguan sensoris

  1. Gangguan komunikasi

Gangguan komunikasi dapat menyebabkan terganggunya pekerjaan, bahkan bisa berakibat kepada kecelakaan karena tidak bisa mendengar isyarat ataupun tanda bahaya.

 

Fungsi utama suatu komponen penyerap (absorber) adalah untuk mengubah energi suara atau energi akustik menjadi energi kalor. Pada elemen penyerap tradisional, daya suara yang datang pada permukaan elemen dan menyerap ke dalam pori sedemikian hingga mengakibatkan osilasi pada partikel udara yang berada dalam pori. Osilasi partikel udara ini akan bergesekan dengan dinding-dinding pori sehingga gelombang akustik yang ada akan berkurang dan berubah menjadi kalor.

 

Bentuk unsur akustik dalam sebuah ruangan juga bisa menentukan kinerja akustik ruang tersebut sesuai dengan Perannya. Sebagian catatan berikut dapat difungsikan sebagai referensi perencanaan Penataan pemasangan elemen akustik pada ruang dengan fungsi tertentu.

 

 

Ruang Studio                                                     :               Banyak Absorber ( penyerap ) di ruang kontrol (bisa dikombinasi kan dengan penyebar) dan kombinasi  penyerap penyebar di ruang live.

 

Ruang Bioskop                                                  :               mayoritas permukaan dilapisi elemen Absorber ( penyerap ).

Kamar Tidur, Living Room, Ruang rawat inap: kombinasi  3 unsur sesuai kondisi bising dan kenyamanan individu.

 

Gelanggang Olah Raga                                   :               lantai keras, langit-langit kombinasi  penyerap-penyebar, dinding campuran  pemantul-penyerap-penyebar (tergantung bentuk geometri nya)

 

Ruang Auditorium                                           :               Dinding depan pemantul atau penyebar, Dinding samping campuran  pemantul – penyerap atau penyebar – penyerap, Dinding Belakang penyerap atau penyebar, langit-langit penyebar atau Penyerap / Absorber , dengan elemen pemantul di area atas panggung, lantai bebas. Bila menggunakan sound system, harus diperhatikan type dan posisi pemasangan.

 

Ruang Kantor tapak terbuka                       :               dinding bebas, langit-langit Penyerap / Absorber , lantai bebas.

 

Masjid                                                                  :               Dinding depan unsur  pemantul atau penyebar, dinding samping gabungan  pemantulan dan Penyerap / Absorber , dinding belakang penyerap (absorber) atau penyebar, langit-langit Absorber ( penyerap ) bila menggunakan sound system atau gabungan  pemantul-penyebar bila tanpa sound system, lantai boleh karpet atau keras (keramik atau parket)

 

Ruang rapat                                                        :               Dinding campuran  penyerap-penyebar, langit-langit dan lantai berlawanan karakteristik (bila lantai penyerap, langit-langit pemantul atau penyebar, dan sebaliknya)

 

Ruang Konser Akustik/Philharmonik       :               hindari pemakaian unsur  Absorber ( penyerap ), optimalkan penggunaan pemantul dan penyebar pada seluruh bagian permukaan.

 

Ruang Kelas                                                        :               komponen Pemantul atau Penyebar pada dinding depan, samping serta langit-langit depan. unsur  Absorber ( penyerap ) atau penyebar pada dinding belakang serta langit-langit belakang. Lantai bisa keramik atau parquet atau karpet.

 

 

Dibutuhkan tenaga ahli yang berasaskan teori perhitungan dan juga pengalaman lapangan untuk merealisasikan suatu ruang yang ideal, seperti ruang rekaman, ruangan karaoke, home theatre, ruang pertemuan dan sejenisnya termasuk ruang tempat ibadah.

 

Pengukuran frekuensi dan besarnya, dapat dilakukan dengan bantuan sebuah RTA (Real Time Analyzer) untuk mengetahui dan menentukan frekuensi pantulan atau ketembusan, sehingga dapat ditentukan jenis material penyerap suara yang digunakan.

 

 

Hal-hal yang Jarang Disadari pada Ruang Studio Musik

 

Ego player menjadikan saling menyambut setelan gain ampli mereka setinggi mungkin.

Acapkali terjadi dikarenakan para pengguna studio musik (penyewa rental studio) tidak sadar estetika bermusik secara band.

 

Disinilah diperlukan soundman yang paham betul akan hal ini. Dan sound system dapat dikontrol semua dari ruang operator, atau bahkan mengakali ampli-ampli dari perangkat elektronikanya.

Teknik ini sangat ampuh dan banyak keuntungannya, diantaranya peralatan studio kita akan jauh lebih awet, mereka (penyewa) akan terbiasa pendengaran setelan sound mereka setara soundman yang terdidik.

 

 

Dewaperedamruangan.com adalah Perusahaan Jasa yang memiliki divisi khusus menangani dan menyelesaikan permasalahan / Suara / Akustik. Lebih dari  15 tahun telah Dewaperedamruangan.com geluti bidang instalasi ruang gema dan ruang kedap ini bahkan sebelum perusahaan Dewaperedamruangan.com berdiri, Dewaperedamruangan.com sudah melayani dan menyelesaikan berbagai ragam permasalahan suara.

Permasalahan ruangan Anda akan ditangani orang yang profesional khusus dibidangnya dan juga telah berpengalaman menangani begitu banyak proyek peredam suara dan gema suara

Dewaperedamruangan.com akan memastikan setiap proyek anda berjalan dengan baik

 

Cek Portofolio Dewaperedamruangan.com

Di http://www.dewaperedamruangan.com/

Hubungi Kontak Person Dewaperedamruangan.com di

0821 25 888 798

 

BERIKUT BEBERAPA KLIEN DAN PROJECT DEWAPEREDAMRUANGAN.COM SEBELUMNYA

KLIK DISINI –> OUR CLIENT <–

 

Percayakan kepada Dewaperedamruangan.com untuk menangani kebutuhan Anda terhadap akustik suara ruangan,pemasangan peredam akustik suara, jasa pemasangan kedap suara,pemasangan peredam akustik suara

 

Baik untuk
kedap suara aula ballroom,kedap suara studio musik , kedap suara karaoke ataupun untuk kebutuhan akustik ruang atau ruang kedap / gema lainnya ?

 

Apapun kebutuhan Bapak/Ibu dalam aspek akustik ruang peredaman ataupun ruang gema baik untuk

Ruang Karaoke,

Rumah atau Apartemen , Ruang genset , Rumah atau Apartemen , Rumah atau Apartemen  dan lainnya sesuai dengan keinginan Bapak/Ibu.

 

Dewaperedamruangan.com berikan garansi pekerjaan rapi, cepat, harga terbaik dan hasil memuaskan

 

Untuk Instalasi Peredaman Suara Ruangan di

Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Jakarta  dan seluruh Indonesia

 

Harga Dimulai Dari

Rp 400ribuan / m2

*Harga akan disesuaikan dengan Permintaan Kualitas Material yang disepakati dan tingkat kesulitan Kondisi di Lapangan

 

ruang studio musik

 

Berikut Beberapa Ruang Lingkup Pekerjaan dari Dewaperedamruangan.com :

Jasa Pembuatan Mini Bioskop,

Peredam Ruang Genset

Jasa Pembuatan Ruang Karaoke,

alat peredam suara dalam ruangan,

Bahan Peredam Suara,

Jasa Pembuatan Gedung Auditorium,

Bahan Peredam Suara Ruangan,

Peredam Ruang Genset,

peredam kamar,

Jasa Pembuatan Gedung Pertunjukan,

Jasa Pembuatan Ruang Siaran Radio,

harga peredam studio musik,

Rockwool,

Jasa Pembuatan Ruang Kedap Suara,

Ahli desain akustik ruang gereja,

Jasa Interior Spesialis lainnya,

Jasa Pembuatan dan Akustik Ruang Seminar,

Bahan Peredam Suara Ruangan,

Konsultan dan Kontraktor Spesialis Noise Control Bar dan Klub Malam,

Jasa Pembuatan Gedung Kesenian,

harga peredam studio musik,

Glasswool,

Rockwool,

Jasa Pembuatan Hall,

Spesialis Pembuatan Dan Akustik Treatment Kebisingan Industri,

harga peredam studio musik,

Jasa Pembuatan dan Akustik Ruang Pertemuan,

Insulation Thermal ( panas ),

Jasa Pembuatan Gedung Pertunjukan,

Insulation Thermal ( panas ),

Jasa Pembuatan Ruang Kedap Suara,

Bahan Peredam Suara,

alat peredam suara dalam ruangan,

Jasa Pembuatan Ruang Karaoke,

Cara memasang Peredam Suara Ruangan,

Cara memasang Peredam Suara Ruangan,

peredam kamar,

Cara memasang Peredam Suara Ruangan,

Jasa Pembuatan Ruang Karaoke,

Biaya Pembuatan Peredam Suara,

Jasa Pembuatan Ruang Karaoke,

Jasa Pembuatan dan Akustik Ruang Seminar,

harga peredam studio musik,

Jasa Pembuatan Gedung Auditorium,

Peredam ruangan karaoke,

Spesialis Pembuatan Dan Akustik Treatment Kebisingan Industri,

Bahan Peredam Suara Ruangan,

Jasa Pembuatan Karaoke Room,

alat kedap suara,

Jasa Pembuatan Bioskop,

Jasa Pembuatan Ruang Kedap Suara,

harga peredam studio musik,

Bahan Peredam Suara Ruangan,

Jasa Pembuatan dan Akustik Tempat Ibadah,

Peredam Studio Musik,

Peredam Studio Musik

 

 

 

 

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square

Jl T.B. Simatupang Kav I7, Rt 02/Rw 01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia

Telp : 0821 2588 8798

© 2019 dewaperedamruangan.com All rights reserved

error: Oyy jangan nyontek dong !!