+62 821 25 888 798 Ahli Desain Akustik ballroom di Pondok Kopi Jakarta Timur

pengerjaan kedap suara ruang recording

Dewaperedamruangan.com – Kebisingan suara sebagai salah satu kasus yang kerap di hadapi dalam dunia industri, kerja maupun kehidupan sehari-hari, Kebisingan suara sampai-sampai dapat memecah ketenangan sampai membawa dampak stres, lebih-lebih pada waktu kebisingan berlangsung pada ruang kerja yang mana menuntut konsentrasi tinggi bagi penggunanya, atau ruangan kamar yang ingin ketenangan dari Pencemaran suara, Ruangan yang bising atau bergema pastinya mengakibatkan tak nyaman sebab mengganggu sistem pendengaran.

 

Peredam suara bisa menjadi material pilihan untuk mengurangi kebisingan lingkungan atau di dalam ruangan. Selain meredam kebisingan, peredam suara juga menjaga laju bunyi sehingga tidak membuat ruangan terasa terlalu hening. Peredam suara mampu mengontrol bunyi di dalam ruangan sampai menyentuh tingkat kebisingan ideal yakni 55 dBA.

 

Selain dengan material peredam suara, penataan material ini di dalam ruangan juga bisa dilakukan dengan memakai ornamen dan benda yang memiliki kemampuan menyerap suara. Karpet yang melapisi seluruh lantai ruangan dan buku-buku yang mengkover dinding dapat dimanfaatkan sebagai peredam suara alami. Apapun jenis peredam suara yang digunakan baik alami ataupun buatan, tingkat koefisien pengurangan estetika bisa  disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Material ini dapat diatur penempatannya secara fleksibel pada dinding, lantai, sampai langit-langit ruangan.

 

Seberapa banyak peredam suara yang harus digunakan  di dalam ruangan guna mencegah kebisingan bergantung dengan kebutuhan ruang tersebut. Kualitas suara di dalam ruangan akan lebih sempurna ketika peredam suara dilengkapi dengan material insulasi suara.

 

Bapak/Ibu Tertarik memasang peredam suara di rumah, ruang kantor, atau area industri ?

Hubungi konsultan dan kontraktor Peredam suara ruangan

Di 0821 25 888 798 atau hubungi Dewaperedamruangan.com via whatsapp chat

 

Membedakan Antara Peredam dan Gema / pantulan.

Terkadang banyak orang keliru menterjemahkan dari ke 2 subjek tersebut.

Jelas berbeda antara peredam dan gema.

Peredam suara adalah membungkus, menahan, membungkam, atau mengunci rapat-rapat agar suara tidak keluar atau masuk, sedangkan

Gema adalah gaung atau pantulan suara yang berbolak-balik yang timbul dari efek sound system atau alat perkusi, dll didalam ruangan tersebut. Efek yang hadir dari gema akan terasa seperti bising, gaduh dan bergema. Gema ini sendiri meng”kali” lipatkan suara yang sama dalam delay waktu sepersekian detik. Jadi gema ini pun tidak bisa dianggap sepele. Sebab suara akan berulang ulang memantul.

Upaya mencegahnya adalah dengan membuat permukaan dinding-dinding tidak rata, empuk (tidak solid) bisa dengan partisi pendek atau dengan basstrep pabrikan yang terlihat cantik.

Berkaitan dengan hal diatas subjek yang berbeda antara gema suara dan peredam suara maka dipastikan teknik instalasinya pun berbeda.

 

Info Penting :

  • Mengaktifkan jendela. Ini sangat tidak disarankan karena banyak kasus kebocoran suara terletak dari jendela dan pintu.
  • Busa telur, busa piramid atau sejenisnya itu adalah fungsinya lebih untuk mengelola “GEMA” / pantulan, bukan sebagai fungsi peredam karena densitynya (pori-pori atau kepadatan) tidak mumpuni untuk meredam suara. Ini yang seringkali orang mensalah artikan busa telur tersebut sebagai material untuk kedap suara.
  • Menggunakan 2 akses atau lebih pintu masuk. Ini juga tidak disarankan.
  • Cek dinding dari keretakan sebelum dipasang peredam suara. Banyak orang yang menyepelekan hal ini.
  • Ruangan yang terlalu kecil menyebabkan banyak hal, diantaranya : Suara akan lebih sulit ditanggulangi, sumpek dengan banyaknya orang dan perabotan serta suara didalam ruangan akan semakin bising.
  • Perhatikan retakan atau celah-celah pintu dan jendela. Buat skonengan pintu dan jendela di ke 4 (empat) sisinya (termasuk bagian lantai). Tambahkan busa eva atau spon ati jika dibutuhkan untuk tanggulangi celah-celah yang masih terlihat atau terdapat kebocoran suara.
  • Baiknya anda juga memikirkan instalasi pendukung ini secara berbarengan sebelum pekerjaan pemasangan peredam selesai seperti listrik lampu dan stop kontak, instalasi AC dan instalasi line audio, jangan sampai kerja 2x, Karena pemasangan instalasi listrik dll itu baiknya ada didalam peredam agar tidak terlihat. Akan menjadi rapih jika kabel-kabel tidak berselerakan

 

 

Tahukah Anda ?

Kebisingan bisa menyebabkan hilangnya daya dengar yang tetap jika berlangsung terus menerus

 

Berikut adalah Nilai Ambang Batas Kebisingan

Nilai ambang Batas Kebisingan yang dianggap aman untuk sebagian besar tenaga kerja bila bekerja 8 jam/hari atau 40 jam/minggu adalah angka 85 dB. Nilai Ambang Batas untuk kebisingan di tempat kerja adalah intensitas tertinggi dan merupakan rata-rata yang masih dapat diterima tenaga kerja tanpa mengakibatkan hilangnya daya dengar yang tetap untuk waktu terus-menerus tidak lebih dari dari 8 jam sehari atau 40 jam seminggunya.

 

No. TINGKAT KEBISINGAN (dBA) PEMAPARAN HARIAN
1. 85 8 jam
2. 88 4 jam
3. 91 2 jam
4. 94 1 jam
5. 97 30 menit
6. 100 15 menit

 

Beberapa Pengaruh dari Kebisingan adalah sebagai berikut :

  1. Gangguan pada pendengaran (Ketulian)

Merupakan gangguan yang paling serius karena pengaruhnya dapat membuat berkurangnya fungsi pendengaran. Gangguan pendengaran ini bersifat progresif tetapi apabila tidak dikendalikan dapat membuat ketulian permanen.

  1. Gangguan psikologis

Gannguan psikologis berupa rasa tidak tenang, kurang konsentrasi, emosi dll.

  1. Gangguan fisiologis

Gangguan dapat berupa naiknya tekanan darah, nadi dan dapat membuat pucat dan gangguan sensoris

  1. Gangguan komunikasi

Gangguan komunikasi dapat menyebabkan terganggunya pekerjaan, bahkan bisa berakibat kepada kecelakaan karena tidak bisa mendengar isyarat ataupun tanda bahaya.

 

Peran utama suatu unsur penyerap (absorber) adalah untuk mengubah energi suara atau energi akustik menjadi energi kalor. Pada elemen penyerap tradisional, gelombang suara yang datang pada permukaan elemen dan menyerap ke dalam pori sedemikian hingga membuat osilasi pada partikel udara yang berada dalam pori. Osilasi partikel udara ini akan bersinggungan dengan dinding-dinding pori sehingga gelombang akustik yang ada akan berkurang dan berubah menjadi kalor.

 

Formasi komponen akustik dalam sebuah ruangan juga akan menentukan kinerja akustik ruang tersebut sesuai dengan fungsinya. Beberapa catatan berikut bisa digunakan sebagai referensi perancangan Rangkaian pelatakkan unsur akustik pada ruang dengan fungsi tertentu.

 

 

Ruang Studio                                                     :               Banyak absorber / penyerap di ruang kontrol (bisa dikombinasi kan dengan penyebar) dan kombinasi  penyerap penyebar di ruang live.

 

Ruang Bioskop                                                  :               mayoritas permukaan dilapisi elemen Penyerap / Absorber .

Kamar Tidur, Living Room, Ruang rawat inap: gabungan  3 komponen sesuai kondisi bising dan kenyamanan individu.

 

Gelanggang Olah Raga                                   :               lantai keras, langit-langit kombinasi  penyerap-penyebar, dinding gabungan  pemantul-penyerap-penyebar (tergantung bentuk geometri nya)

 

Ruang Auditorium                                           :               Dinding depan pemantul atau penyebar, Dinding samping kombinasi  pemantul – penyerap atau penyebar – penyerap, Dinding Belakang penyerap atau penyebar, langit-langit penyebar atau absorber / penyerap, dengan elemen pemantul di area atas panggung, lantai bebas. Bila menggunakan sound system, harus diperhatikan type dan posisi pemasangan.

 

Ruang Kantor tapak terbuka                       :               dinding bebas, langit-langit Absorber ( penyerap ), lantai bebas.

 

Masjid                                                                  :               Dinding depan elemen  pemantul atau penyebar, dinding samping campuran  pemantulan dan Penyerap / Absorber , dinding belakang Absorber ( penyerap ) atau penyebar, langit-langit absorber / penyerap bila menggunakan sound system atau gabungan  pemantul-penyebar bila tanpa sound system, lantai boleh karpet atau keras (keramik atau parket)

 

Ruang rapat                                                        :               Dinding campuran  penyerap-penyebar, langit-langit dan lantai berlawanan karakteristik (bila lantai penyerap, langit-langit pemantul atau penyebar, dan sebaliknya)

 

Ruang Konser Akustik/Philharmonik       :               hindari pemakaian elemen  penyerap (absorber), maksimalkan penggunaan pemantul dan penyebar pada seluruh bagian permukaan.

 

Ruang Kelas                                                        :               komponen Pemantul atau Penyebar pada dinding depan, samping serta langit-langit depan. elemen  Penyerap / Absorber atau penyebar pada dinding belakang serta langit-langit belakang. Lantai boleh keramik atau parquet atau karpet.

 

 

Diperlukan seorang ahli yang berbasis teori perhitungan dan juga pengalaman lapangan untuk mewujudkan suatu ruang yang ideal, seperti ruang rekaman, ruangan karaoke, home theatre, ruang pertemuan dan sejenisnya termasuk ruang tempat ibadah.

 

Pengukuran frekuensi dan besarnya, bisa dilakukan dengan bantuan sebuah RTA (Real Time Analyzer) untuk mengetahui dan menentukan gelombang pantulan atau ketembusan, hingga bisa ditentukan jenis material penyerap suara yang digunakan.

 

 

Hal-hal yang Jarang Disadari pada Ruang Studio Musik

 

Ego player menjadikan saling menyambut setelan gain ampli mereka setinggi mungkin.

Acapkali terjadi karena para pengguna studio musik (penyewa rental studio) tidak sadar estetika bermusik secara band.

 

Disinilah dibutuhkan soundman yang mengerti akan hal ini. Dan sound system dapat dikontrol semua dari ruang operator, atau bahkan mengakali ampli-ampli dari perangkat elektronikanya.

Metode ini sangat ampuh dan banyak keuntungannya, diantaranya perangkat studio kita akan jauh lebih awet, mereka (penyewa) akan terbiasa pendengaran setelan sound mereka setara soundman yang terdidik.

 

 

Permasalahan ruangan Anda akan ditangani orang yang profesional khusus dibidangnya dan juga telah berpengalaman menangani begitu banyak proyek peredam suara dan gema suara

Dewaperedamruangan.com akan memastikan setiap proyek anda berjalan dengan baik

Dewaperedamruangan.com akan memastikan setiap proyek anda berjalan dengan baik

 

Cek Portofolio Dewaperedamruangan.com

Di http://www.dewaperedamruangan.com/

Info Lebih Lengkap Bisa Menghubungi Dewaperedamruangan.com di nomor

0821 25 888 798

 

CEK PARA KONSUMEN DEWAPEREDAMRUANGAN.COM SEBELUMNYA

KLIK DISINI –> OUR CLIENT <–

 

Percayakan kepada Dewaperedamruangan.com untuk menangani kebutuhan Anda terhadap ruang berperedam suara,ruangan kedap suara, akustik suara ruangan,pemasangan peredam akustik suara

 

Baik untuk
kedap suara aula ballroom,kedap suara ruang meeting rapat , kedap suara rumah ibadah Masjid dan Gereja ataupun untuk kebutuhan akustik ruang atau ruang kedap / gema lainnya ?

 

Apapun kebutuhan Bapak/Ibu dalam aspek akustik ruang peredaman ataupun ruang gema baik untuk

Ruang Meeting,

Ruang Meeting , Ruang genset , Peredam suara studio musik , Home Theatre  dan lainnya sesuai dengan keinginan Bapak/Ibu.

 

Dewaperedamruangan.com berikan garansi cepat, harga terbaik, hasil memuaskan, dan pekerjaan rapi

 

Untuk Peredam suara ruangan di

Bekasi, Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bandung  dan seluruh Indonesia

 

Price Start From

Rp 400ribuan / m2

*Harga akan disesuaikan dengan Permintaan Kualitas Material yang disepakati dan tingkat kesulitan Kondisi di Lapangan

 

Club dan Bar

 

Berikut Beberapa Ruang Lingkup Pekerjaan dari Dewaperedamruangan.com :

Spesialis Treatment Akustik Ruang,

Jasa Pembuatan Ruang Karaoke

Bahan Peredam Suara,

Konsultan dan Kontraktor Spesialis Noise Control Bar dan Klub Malam,

membuat ruangan kedap suara,

Jasa Pembuatan Gedung Kesenian,

Buat Ruang Kedap Suara,

alat kedap suara,

ahli desain akustik aula,

Jasa Pembuatan Ballroom Hotel,

Spesialis Pembuatan Dan Akustik Treatment Kebisingan Industri,

Harga Bahan Peredam Suara Murah,

  Ahli desain akustik aula,

Jasa Pembuatan Studio Musik,

Jasa Pemasangan / Instalasi Plafon Akustik,

  Ahli desain akustik aula,

jual peredam suara ruangan,

Jasa Pembuatan dan Akustik Ruang Pertemuan,

Jasa Pembuatan dan Akustik Panggung,

Jasa Pembuatan Ruang Kedap Suara,

ahli desain akustik gedung konferensi,

Ahli desain akustik panggung,

Peredam ruangan karaoke,

Jasa Pembuatan dan Akustik Ruang Pertemuan,

Jasa Pembuatan Hall,

Jasa Pemasangan / Instalasi Plafon Akustik,

Peredam Studio Musik,

Rockwool,

Jasa Pembuatan Ballroom Hotel,

Jasa Pembuatan dan Akustik Ruang Pertemuan,

Jasa Pembuatan Meeting Room / Ruang Rapat,

Covering Ducting AC,

Biaya Pembuatan Peredam Suara,

harga peredam,

Jasa Pembuatan Ruang Karaoke,

Jacketing Pipa AC,

Jasa Pemasangan / Instalasi Plafon Akustik,

Jasa Pembuatan Hall,

Covering Ducting AC,

Jasa Pembuatan Ruang Siaran Radio,

Insulation Thermal ( panas ),

Pembuatan Ruang Kedap Suara,

Jasa Pembuatan Studio Recording / rekaman,

Kedap Suara,

Greenwool,

Jasa Pembuatan Karaoke Room,

Harga Bahan Peredam Suara Murah,

Peredam Suara Akustik Ruangan,

Jasa Pembuatan Gedung Kesenian,

Greenwool,

Jasa Pembuatan Mini Bioskop,

harga peredam,

Jasa Pembuatan Studio Musik,

Bahan Peredam Suara Ruangan,

Buat Ruang Kedap Suara,

Ahli desain akustik panggung

 

 

 

 

Suite 3058, Mula by Galeria Jakarta, Cilandak Town Square

Jl T.B. Simatupang Kav I7, Rt 02/Rw 01, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta 12430, Indonesia

Telp : 0821 2588 8798

© 2019 dewaperedamruangan.com All rights reserved

error: Oyy jangan nyontek dong !!